Persiapan Penting Sebelum Travelling ke Luar Negeri

98. Persiapan Penting Sebelum Traveling ke Luar Negeri4

Indonesia memang memiliki banyak destinasi menawan. Namun tidak ada salahnya kalau kamu ingin melangkah lebih jauh lagi. Menginjaki tanah di luar Indonesia dengan sensasi travelling yang berbeda.

Berbeda Negara tentu berbeda pula tantangannya. Namun tidak usah khawatir, kamu hanya butuhkan persiapan matang. Apa saja persiapannya? Yuk intip di bawah ini.

Paspor

paspor, traveling ke luar negeri, travelling, backpacker

Paspor layaknya KTP saat di luar negeri. Ini adalah identitas diri yang paling penting dan tidak boleh sampai hilang. Namun adakalanya meskipun kita sudah menjaga paspor dengan baik-baik tapi tetap saja bisa hilang, tertinggal, atau bahkan dicuri. Nah, untuk menghindari hal tersebut, fotocopy lah paspor kamu. Karena ini bisa berguna untuk mendapatkan SPLP (Surat Prejalanan Laksana Paspor). SPLP adalah surat yang dikeluarkan KBRI jika ada warga negaranya kehilangan paspor.

Bawa uang kecil atau pecahan

paspor, traveling ke luar negeri, travelling, backpacker

Saat kamu menukar uang di money changer biasanya akan diberikan pecahan besar. Jika ada mintalah uang dalam pecahan kecil. Ini akan berguna ketika akan membayar ongkos taksi, bus, atau kereta. Karena di beberapa Negara, ada taksi yang beralasan tidak punya kembalian. Jadi mau tidak mau kamu harus repot menukar uang terlebih dulu atau mengikhlaskan diri tidak diberi kembaliaan.

Kalkulator

paspor, traveling ke luar negeri, travelling, backpacker

Beberapa Negara seperti China, Jepang dan Korea tidak begitu lancar berbahasa inggirs. Sehingga kamu akan mengalamai kesulitan saat berbelanja dan bertanya harga. Tidak perlu pusing-pusing kamu cukup bawa kalkulator. Pakailah kalkulator tersebut untuk perantara komunikasi kamu dengan mereka.

Mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat travelling ke luar negeri, memang cukup merepotkan. Namun tetap harus kamu laksanakan, untuk menghindari masalah yang timbul saat kamu di sana.

This post has already been read 414 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *