Coto Makassar Di Pusat Australia

Kalau kamu pergi ke Sidney, Australia, dan mengunjungi 222 Military Road Natural Bay, kamu akan melihat sebuah rumah makan yang besarnya sekitar 4×8 meter, dan tertulis sebaris kata yang merupakan istilah asli dari suku Bugis. Kata tersebut adalah LONTARA, sekaligus sebuah nama untuk rumah makan khas Makassar ini.

Muzayyin Arif adalah pemilik rumah makan khusus coto Makassar pertama di Sidney. Lelaki asal Indonesia ini memiliki keinginan untuk menyejajarkan coto Makassar dengan kuliner-kuliner asal negara lain yang sebelumnya sudah terkenal di Australia; seperti tom yam asal Thailand, laksa dari Singapura, dll.

Bagaimana dengan rasanya?  Tak tanggung-tanggung, demi menghadirkan rasa yang orisinal, Muzayyin mempercayakannya kepada Sitti Fatimah yang didatangkan langsung dari Makassar untuk membuat dan mengolah ramuan kuliner ini.

Kepada Tempo.co, Muzzayin menjelaskan, “Kelebihan coto Makassar, dapat diterima lidah banyak orang, termasuk bule”. Dia pun menambahkan, banyak konsumen, yang notabene warga Australia, meminta tambahan porsi kala menyantap coto Makassar. Karenanya dia yakin bahwa rumah makannya dapat maju di Australia.

Rumah makan LONTARA buka setiap hari, dari pukul 10.00 sampai 14.00 jam makan siang, dan mulai buka lagi mulai pukul 17.00 hingga 21.00 untuk makan malam.

Kalau kamu hendak jalan-jalan ke Sidney, cobalah untuk menyantap coto Makassar ala Australia di rumah makan LONTARA.

Sumber: Tempo.co

This post has already been read 368 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *