Tips Menabung Untuk Melancong ke Luar Negeri

Mungkin berat rasanya jika harus pergi keluar negeri, memikirkan berapa banyak biaya yang harus disiapkan. Namun, semua itu bisa diatur, yang harus kamu lakukan hanyalah menabung. Simak tipsnya di bawah ini.

Menabung Mata Uang Asing

Mengingat mata uang dollar adalah yang paling fleksibel untuk beberapa negara, cobalah untuk menabung dengan bentuk mata uang dollar.

Namun, ada beberapa hal yang harus diingat, uang Dollar AS tidak boleh lecek, rusak, dan bernoda. Tetapi kelebihannya adalah, semakin besar pecahannya akan semakin berharga.

Contohnya, Rp 100 ribu senilai dengan sekitar 10 dollar AS, dan itu sama dengan harga tiket bus dari Ho Chi Minh, Vietnam ke Pnompenh, Kamboja. Artinya, uang 10 dollar dapat membawa kita ke dua negara, yaitu Vietnam dan Kamboja.

Menabung Tidak Harus Uang

Menabung seperti yang dimaksud? Misalnya, pada bulan pertama kamu mengeluarkan uang untuk membeli tiket perjalanan, bulan kedua untuk booking hotel/guesthouse, dan di bulan ketiga untuk beli perlengkapan perjalanan, lalu di bulan-bulan selanjutnya kamu bisa menabung uang tunai sebagai biaya selama perjalanan.

Setidaknya kamu memiliki waktu enam bulan untuk mendapatkan tiket promo penerbangan dan penginapan. Bahkan, ada juga promo yang menawarkan pergi ke wahana bermain, tempat belanja, dan lokasi lainnya.

Rekening Tabungan Terpisah

Sering kali kamu tak kuasa untuk mengambil uang yang ada di tabunganmu. Oleh sebab itu, cobalah untuk menyisihkan pendapatanmu dan ditabungkannya ke rekening yang berbeda.

Beberapa bank nasional memberika layanan tarik tunai di luar negeri. Namun, ada biaya transaksinya, rata-rata Rp 25.000 – Rp 50.000 sekali tarik tunai.

Hindari Hutang

Maksud hutang disini adalah kartu kredit. Biasanya, saat kamu melancong dan mengandalkan kartu kredit, maka dapat dipastikan ketika pulang nanti kamu akan menderita oleh utang-utang hasil pembayaran melalui kartu kredit.

Jangan sampai habis senang-senang justru menderita karena harus membayar utang selama enam bulan sampai satu tahun kedepan.

Sudah cukup jelas penjelasannya? Jadi, rencananya kamu akan melancong ke negara mana? Saya sarankan sih ke Thailand dan membaca panduannya.

sumber: kompas.com

This post has already been read 654 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *