10 Museum Ini Tak Pernah Sepi Pengunjung

Bagi sebagian orang berkunjung ke musem adalah hal yang membosankan, terlebih jika museum tersebut hanya tak menampilkan benda-benda yang menarik. Namun, majalah TripAdvisor yang sebelumnya telah memberi gelar kepada Bali sebagai tujuan wisata nomor satu di Asia, juga telah merilis deretan nama-nama museum paling favorit untuk dikunjungi yang ada di Asia. Museum manakah itu?

1. Museum Qin Terracotta

Foto: travelchinawith.me

Foto: travelchinawith.me

Dinobatkan sebagai museum arkeologi paling memukau di dunia. Memeliki area seluas 16.300 meter2 dan hanya diisi oleh deretan patung-patung prajurit dan kuda yang seukuran aslinya, dan berderet dengan rapih. Patung-patung ini disinyalir berumur ribuan tahun lamanya. Museum ini terletak du Xi’an, Cina.

2. The Palace

Foto: thechinatourism.com

Foto: thechinatourism.com

Museum ini dulunya adalah istana Cina. Terletak di Beijing dan dibangun pada abad ke-15, kemudian mngalami renovasi pada abad ke-18 saat Dinasti Qing berkuasa. The Palace memiliki 9.000 ruangan dan berdiri kokoh di area seluas 100 hektar.

3. Museum Genosida Tuol Sleng

Foto: wikipedia

Foto: wikipedia

Pada tahun 1975-1979 di Kamboja, Komunis Khmer Merah menempati museum ini sebagai kamp tempat mereka menawan dan menyiksa orang-orang. Terdapat kamar-kamar penjara sempit yang jendelanya ditutup dengan jeruji besi dan kawat berduri. Diperkirakan sebanyak 17.000 orang meninggal dalam tragedi pembataian tersebut.

Bahkan ada terdapat papan peraturan yang tertulis seperti di bawah ini,

– Anda harus menjawab sesuai pertanyaan saya. Jangan melawan
– Jangan mencoba untuk menyembunyikan fakta dengan mencari alasan ini- itu. Anda dilarang keras untuk menantang saya
– Jika Anda tidak mematuhi semua peraturan saya, Anda akan mendapatkan sepuluh kali cambukan atau lima kali disetrum listrik

4. Hiroshima Peace Memorial Museum

Foto: wikipedia

Foto: wikipedia

Museum yang terletak di Hiroshima, Jepang ini akan mengingatkan kamu tentang betapa banyak pihak yang bersedih dan merasa kehilangan atas tragedi tersebut. TripAdvisor menulis tentang museum ini sebagai, “Museum yang memberikan pengalaman sangat menyentuh. Anda takkan jadi orang yang sama setelah masuk ke dalamnya,”

5. War Remnants Museum

Foto: wikipedia

Foto: wikipedia

Museum ini terletak di Ho Chi Minh, Vietnam. Dulunya, museum ini adalah gedung milik Amerika Serikat yang memang pada waktu dulu Vietnam dan Amerika Serikat selalu dalam keadaan perang. Di dalam museum ini terdapat beberapa diorama yang menurut beberapa orang, “tidak layak untuk dipamerkan”.

6. Vietnam Museum of Ethnology

Foto: greendiscoveryindochina.com

Foto: greendiscoveryindochina.com

Museum yang juga terletak di Vietnam ini dibangun untuk mengenalkan sejarah dan budaya yang ada di Vietnam. Terletak di Hanoi, dan berhasil masuk dalam peringkat enam.

7. Hong Kong Museum of History

Foto: hongkongindians.com

Foto: hongkongindians.com

Pergi ke Hong Kong bukan hanya untuk berbelanja saja, tetapi cobalah untuk datang ke Museum Sejarah Hong Kong. Kenali budayanya, dan amati perkembangan Hong Kong di dalam museum tersebut.

8. National Palace Museum

Foto: wikipedia

Foto: wikipedia

Sama seperti The Palace yang ada di Cina, museum ini pun dulunya adalah istana Taiwan. Terletak di Taipei dan telah berumur ratusan juta tahun lamanya.

9. Shanghai Museum

Foto: wikipedia

Foto: wikipedia

Jangan salah, museum ini tidak menampilkan sejarah tentang Shanghai, namun museum ini terpajang ratusan karya seni berstandar Internasional. Museum ini menjadi tempat favorit bagi para pecinta seni di seluruh dunia.

10. Hellfire Pass Museum

Foto: wikipedia

Foto: wikipedia

Terletak di Kanchanaburi, Thailand. Sebenarnya, museum ini adalah jalur kereta api yang sudah tidak digunakan lagi, namun kian disempurnakan dengan panorama sekitar yang indah dan menggoda mata.

Nah, bagaimana? kira-kira kamu tertarik untuk mengunjungi museum yang mana? Kalau saya ingin sekali untuk pergi ke Kamboja, dan datang ke Museum Genosida Tuol Sleng. Silakan berpendapat.

sumber: travel.detik, wikipedia

This post has already been read 297 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *