Info Pendakian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

bromo-tengger-semeru-national-park

Bagi Kamu yang senang dengan wisata alam seperti hiking atau naik gunung bisa jadi merupakan kegiatan favorit untuk menghabiskan waktu liburan. Beruntung, Kita di Indonesia ini memiliki banyak sekali tempat-tempat menawan yang menawarkan potensi wisata yang menarik, alami dan unik. Salah satu tempat yang dapat Kamu jadikan pilihan ialah Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru  Namun sebelum Kamu memutuskan untuk berwisata ke Kawasan Taman Nasional Gunung Semeru, berikut kami berikan beberapa informasi yang bisa menjadi informasi tambahan saat memutuskan berkunjung ke Gunung Bromo

Peraturan Baru Wisata Taman Nasional Gunung Bromo, Tengger dan Semeru

Jika Kamu mengikuti perkembangan berita di kawasan wisata Gunung Bromo dan sekitarnya, Anda mungkin sudah mendengar tentang peraturan terbaru wisata kawasan ini. Pembaharuan peraturan ini dikarenakan banyaknya kegiatan yang dilakukan di kawasan ini yang mengancam ekosistem di kawasan Gunung Semeru, Bromo dan Tengger. Dalam beberapa tahun belakangan ini, popularitas kawasan wisata ini semakin meningkat, sehingga sering dilaksanakan beberapa acara besar di tempat ini, bahkan lokasi tersebut sempat dijadikan tempat untuk syuting sebuah film. Namun, sangat disayangkan, meningkanya popularitas kawasan Gunung Bromo ditambah dengan kurangnya kesadaran lingkungan, membuat ekosistem di kawasan ini terganggu.

Oleh karena itu, pengurus TNBTS atau Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menambahkan beberapa peraturan baru untuk menjaga ekosistem di kawasan tersebut. Beberapa peraturan yang diperbaharui adalah pihak TNBTS tidak akan memberikan ijin bagi acara-acara atau event yang dikhawatirkan akan merusak tatanan alam dan geologi di kawasan tersebut misalnya seperti lomba lari lintas alam di kawasan Kaldera Tengger, terutama di laut pasir dan di savana dengan peserta lebih dari 200 orang, rally motor, pawai kendaraan roda empat (offroad) dan pendakian gunung dengan peserta lebih dari 50 orang setiap kelompok, serta lomba lintas alam di jalur pendakian Semeru. Peraturan baru ini dibuat untuk menjaga keadaan alam dari kawasan wisata Gunung Semeru Bromo dan Tengger dan juga untuk melestarikan kawasan tersebut sebagai tempat wisata yang alami. Selain beberapa peraturan baru tersebut, mulai tanggal 25 Maret 2013, pihak TNBTS juga akan membatasi jumlah pendaki ke Gunung Semeru sebanyak 300 orang saja setiap harinya.

Tips Wisata ke Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo, Tengger dan Semeru

Nah, Jika Kamu yang ingin mendaki kawasan Gunung Bromo Semeru dan Tengger dan sudah mendapat izin dari pihak TNBTS, ada beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan antara lain adalah membawa perbekalan yang cukup. Bawalah pakaian yang dapat menahan hawa dingin pegunungan. Selain itu selalu siapkan jaket, penutup kepala, kaos kaki serta pakaian yang hangat namun tidak mengganggu gerak tubuh Kamu. Siapkan pula payung sebab seringkali terjadi hujan lokal di kawasan pegunungan walau pun pada saat musim kemarau. Bawa pula perlengkapan survival dan peralatan P3K. Jika Kamu ingin lebih menikmati pemandangan matahari terbit, disarankan untuk datang pada saat musim kemarau.

This post has already been read 493 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *