Jalan-jalan Ke Lombok? Kunjungi Kampung Tradisional Senaru

Jangan hanya pergi ke pantai, tapi kunjungi kampung tradisional yang ada di Lombok.

Pulau Lombok yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat memang terkenal dengan pantainya. Sebut saja Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Namun, jangan lupa bahwa di Kabupaten Lombok Utara juga terdapat sebuah kampung tradisional bernama Kampung Senaru.

Kampung Tradisional Senaru berlokasi di Kecamatan Bayan. Kampung ini berdekatan dengan Gunung Rinjani. Jadi, kamu dapat mendaki Gunung Rinjani dan beristirahat di Kampung Senaru.

Jalan-jalan Ke Lombok Kunjungi Kampung Tradisional Senaru-hobi jalan jalan
Berada di ketinggian 700 mdpl, udara di kampung ini terasa sangat sejuk. Selain udaranya, rumah-rumah yang ada di kampung ini pun terlihat menarik. Wisatawan dapat melihat rumah-rumah tradisonal yang berjejer rapi di tanah seluas 2 hektare.

Di Senaru terdapat rumah yang terdiri dari 6 tiang, atau disebut dengan sekenem. Selain sekenem, ada juga sebuah bangunan yang berbentuk seperti gazebo, bernama berugag.

Jalan-jalan Ke Lombok Kunjungi Kampung Tradisional Senaru-2-hobi jalan jalan
Nah, berugag adalah bangunan yang digunakan untuk menerima tamu, seperti para wisatawan. Jika para wisatawan ingin menginap, maka mereka dapat menginap di rumah-rumah penduduk.

Oh ya, jika kamu menginap nanti, jangan berharap akan menemukan televisi dan alat hiburan lain. Sebab di kehidupan di kampung masih sangat tradisional. Bahkan, untuk mendapatkan air saja harus menimba terlebih dahulu.

Jalan-jalan Ke Lombok Kunjungi Kampung Tradisional Senaru-1-hobi jalan jalan
Cukup siapkan uang sebesar Rp 5.000, dan kamu dapat berkeliling melihat pemandangan tradisional khas Kampung Senaru.

Yuk’ jalan-jalan ke Kampung Tradisional Senaru.

sumber

This post has already been read 422 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *