Liburan Bersama Keluarga? Ini Tipsnya

Musim liburan bagi anak-anak sudah tiba, sudah merencanakan sesuatu dengan dengan keluarga? Mungkin berwisata ke luar kota? Jika iya, Hobi Jalan Jalan mempunyai tips agar liburanmu semakin aman dan tenang. Simak di bawah ini.

 

 

1. Rute Perjalanan

Liburan Keluarga-Rute Perjalanan-Hobi Jalan Jalan

Jika kamu sudah memiliki daerah tujuan, maka yang harus kamu lakukan adalah tentukan rute perjalanan. Menentukan rute perjalanan mencakup kondisi jalan, waktu, dan obyek yang ingin disinggahi selama perjalanan. Perkirakan lamanya waktu yang dihabiskan di jalan, jangan sampai terlamapu malam. Karena akan melelahkan sekali.

2. Persinggahan Di Sepanjang Perjalanan

Liburan Keluarga-persinggahan-Hobi Jalan Jalan

Jangan lupa untuk menandai rumah makan yang akan kamu lewati saat perjalanan. Cari rumah makan yang suasanya nyaman, apalagi yang menyediakan tempat untuk anda mengistirahatkan badan. Jangan lupa tandai bengkel, pompa bensin, dan rumah sakit, untuk jaga-jaga.

3. Kendaraan

Liburan Keluarga-cek kendaraan-Hobi Jalan Jalan

Jika sudah menentukan rute dan menandai tempat persinggahan, maka jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan anda. Disarankan untuk mengendarai mobil, maka perhatikan kondisi kemudi, pedal, sistem pendingin mesin, radiator, lampu kendaraan, hingga AC mobil, karena kamu akan menghabiskan waktu yang lama berada di dalam mobil.

4. Rumah Yang Ditinggal

Liburan Keluarga-Titip Rumah-Hobi Jalan Jalan

Pastikan semua keran air tertutup, kabel listrik telah dicabut, dan lepaskan selang gas elpiji dari kompor. Nyalakan lampu seperlunya, agar suasana rumah tetap terang pada malam hari. Kalau bisa, jangan lupa menitipkan rumah kepada orang terdekat, atau kepada keluarga, hingga tetangga.

5. Barang-Barang Penting

Liburan Keluarga-kotak p3k-Hobi Jalan Jalan

Jangan lupa untuk membawa barang-barang penting, seperti pakaian ganti, makanan dan minuman, terlebih kotak P3K, bawa juga kamera untuk mengabadikan momen-momen seru dengan keluargamu. Juga bawalah tisu kring dan basah, pasti kamu akan membutuhkannya. Pastikan untuk membawa kantong plastik untuk tempat sampah, kamu tidak ingin mengotori jalanan dengan sampah makananmu bukan?

Nah, itu dia tips bagi kamu yang ingin berlibur ke luar kota bersama keluarga. Ada lagi satu hal yang sangat penting, yaitu jangan lupa membawa uang dan kartu ATM. Silakan berkomentar.

Sumber: Tempo

This post has already been read 484 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *