Mau Naik Gunung? Ketahui Dulu Hal-Hal Penting Seperti Ini

Sepertinya mendaki gunung sudah menjadi tren wisata terbaru. Karena terbukti banyak dari teman-teman saya mencoba untuk mendaki gunung setiap bulan. Seolah-olah mereka berlomba-lomba untuk memarkan pengalaman kepada orang yang belum pernah mendaki gunung. Nah, jika kamu ingin ikut mencoba tren naik gunung, ada baiknya memperhatikan hal-hal penting ini dulu.

Yang harus kamu ketahui terlebih dahulu adalah, mendaki gunung tidak seperti bepergian ke tempat wisata. Kamu tak harus membawa charger smartphone ataupun hairdryer untuk mengeringkan rambut. Juga tak ada jajanan kuliner yang dapat kamu cicipi di puncak gunung. Maka dari itu, simak tips penting di bawah ini.

1. Mempelajari Peta Gunung

Seperti halnya travelling, kamu harus mengetahui terlebih dahulu medan yang akan kamu terjang nanti. Jika ingin naik gunung, ketahui kawasan gunung tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mempelajari peta gunung tersebut terlebih dahulu.

Cobalah untuk mempelajari cara membaca peta dan kompas. Sebab kedua hal tersbut sangat membantu ketika kamu sedang berada di atas gunung. Tentunya kamu tidak ingin tersesat dong?

2. Mengajak Teman

Baru pertama kali mendaki gunung? Sebaiknya jangan pernah berpikir untuk pergi mendaki sendirian. Ajaklah temanmu yang sudah pernah mendaki gunung sebelumnya. Atau, ajaklah temanmu yang juga menggemari jenis wisata seperti ini.

Jika kamu sdah memiliki teman mendaki, jangan pernah berselisih. tetaplah bermusyawarah dalam berpendapat. Sebab, jika kamu masih belum bisa melupakan ego masing-masing maka perjalananmu tak akan mengasyikkan.

tips mendaki gunung
3. Minta Izin

Selain meminta izin kepada orang tuamu, ada baiknya kamu juga meminta perizinan pendakian. Mengapa? Sebab jika terjadi hal-hal yang tidak diingankan maka pihak pos dapat segera bertindak memberi pertolongan.

Jangan sok menjadi petualang, sebab kamu masih amatiran.

4. Membawa Perlengkapan Penting

Jika di point satu kamu sudah diingatkan untuk membawa peta dan kompas, maka kini kamu harus membawa barang-barang yang juga penting. Seperti, korek api, peluit, dan pistol kembang api. Benda-benda tersebut sangat berguna ketika kamu sedang tersesat.

Korek api berguna untuk membakar sesuatu. Bukan membakar pepohonan, namun untuk memudahkanmu dalam hal memasak. Tetapi, jika kamu tersesat, kamu dapat membakar daun-daun kering, agar asapnya dapat terlihat oleh pos pertolongan.

Nah, sebaiknya kamu jangan pernah melupakan empat point diatas. Sebab, empat point diatas sangat penting dalam membuat pendakian gunung terasa nyaman dan aman.

Ada yang ingin ditambahkan? Silakan berkomentar.

This post has already been read 578 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *