Mau Wisata Gratis Di Jakarta? Datang Kesini!

Memperingati hari ulangtahun DKI Jakarta, Hobi Jalan-Jalan ingin mengajak kamu untuk beriwisata di metropolitan secara gratis! Memamng ada yang gratis di Jakarta? Ya tentu ada.

Bagi kamu yang ingin mencari tempat untuk mengobrol atau berdiskusi sambil bersantai menikmati hangatnya mentari dan jajanan pinggir jalan, maka lima tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu.

1. Banjir Kanal Timur (BKT)

Foto: Detik

Foto: Detik

Mungkin terdengar aneh, tapi secara tak sengaja daerah ini menjadi tempat rekreasi bagi sebagian keluarga di hari hari libur.

BKT dibangun untuk menanggulangi banjir, terbentang memanjang dari Kebon Nanas (Jakarta Timur) sampai Pantai Marunda (Jakarta Utara) sejauh 23,5 km.

Di pinggiran BKT tertanam pepohonan dan rerumputan yang bisa menjadi tempat berteduh, selain itu terdapat juga gerobak hingga waung-warung kecil yang menjual jajanan, dari bakso, mie ayam, sate, dsb.

2. Taman Ayodya

Foto: Kompas

Foto: Kompas

Dulunya, taman ini adalah kawasan pasar ikan hias yang terkenal di Jakarta, namun pada tahun 2009 kawasan ini dirubah fungsinya menjadi sebuah taman rindang yang lengkap dengan kolam dan air mancurnya.

Disarankan untuk datang sore hari, karena biasanya para keluarga membawa anak-anak mereka ke Taman Ayodya untuk sekedar berlarian dan bercanda dengan kakak atau adiknya. Nah, sembari para orangtua menunggu sang anak bermain, duduklah di pinggiran kolam yang mempunyai luas 1.500 m2 itu, atau di atas gazebo dan nikmati jajanan yang ada disana.

3. Museum Art Mon Decor

Foto: Detik

Foto: Detik

Dilihat dari namanya museum ini sepertinya bukanlah tempat gratis. Tapi, jangan salah, museum yang beridir sejak tahun 1983 ini ternyata dapat dimasuki secara gratis. Ada apa saja di dalamnya?

Di museum ini, kamu dapat melihat berbagai seni lukis dari berbagai seniman, lokal dan mancanegara. Bertempat di Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, dan museum selalu bverganti-ganti tema setiap 3 bulan sekali. Kadang museum ini juga menggelar pameran lukisan karya maestro terkenal.

4. Tugu Proklamasi

Foto : asepsandro.blogspot

Foto : asepsandro.blogspot

Bertempat di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, di sini kamu bisa melihat sebuah tugu yang dibuat sebagai peringatan 1 tahun Indonesia. Tugu yang sama seperti yang ada di Monas, namun berukuran lebih kecil.

Di sini, kamu bisa merasakan luas lantai berubin yang sangat lapang, bahkan beberapa komunitas menjadikan tempat ini sebagai persinggahan mereka.

Waktu yang baik untuk datang kesini adalah sore hari, sebab di siang hari matahari akan terasa sangat menyengat. sama halnya seperti Taman Ayodya, banyak anak kecil yang bermain disini.

5. Situ Lembang

Foto: Okezone

Foto: Okezone

Anak muda pasti mengenal tempat ini. berada di daerah Menteng, tepatnya Jl. Lembang, berdekatan dengan Taman Surapati.

Biasanya, saat akhir pekan para sejoli akan memadu kasih disini, menikmati gemericik air yang berasal dari danau di tengah taman, dan berteduh di bawah pepohonan nan rindang.

Namun, bagi kamu yang sudah berkeluarga atau bahkan masih jomblo, jangan takut, taman luas ini menyediakan wahana bermain seperti ayunan, dan berbagai wahana yang dapat mengembangkan saraf motorik sang anak.

Bagaimana, sudah menetapkan tujuan akhir pekan ini? Silakan berkomentar.

Sumber: Detik

This post has already been read 1225 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *