Nikmati Koleksi ‘Pusaka Hijau’ di Taman Hutan Rakyat R. Soerjo

hobijalanjalan-Nikmati Koleksi Pusaka Hijau di Taman Hutan Rakyat R. Soerjo-1

Tahura R. Soerjo merupakan singkatan dari Taman Hutan Rakyat R. Soerjo yang meruapakn salah satu cagar alam Indonesia yang terletak di kawasan hutan di Gunung Arjuno-Lalijiwo serta di kawasan Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang. Cagar alam ini pertama kali dirintis pada tahun 1992 yang mana dahulunya kawasan hutan ini masih kawasan hutan lindung daerah gunung Anjosmoro, Gunung Biru, Gunung Gede, dan Gunung Limas yang hingga kemudian kawasan cagar alam di perluas oleh Departemen Kehutanan RI pada tahun 1997. Sebagai cagar alam dan hutan lindung, Tahura R. Soerjo ini merupakan tempat banyak ditemukannya berbagai jenis flora yang dilindungi. Flora yang tumbuh di hutan lindung ini sebagian besar adalah Cemara, Pasang, Saren, jenis Padi-Padian, dan Kemlandingan Gunung.

hobijalanjalan-Nikmati Koleksi Pusaka Hijau di Taman Hutan Rakyat R. Soerjo-2

Flora dan Fauna di Kawasan Taman Hutan Rakyat R. Soerjo

Menurut hasil observasi dari sejumlah ahli botani Universitas Brawijaya, ada tiga tipe vegetasi hutan di kawasan cagar alam yang sekaligus hutan lindung ini, yaitu Hutan Alam Cemara, Hutan Hujan Pegunungan, dan Padang Rumput. Vegetasi Hutan Alam Cemara berlokasi di kawasan Cagar Alam Arjuno Lalijiwo yang mana floranya berupa flora homogen yang terdiri dari tumbuhan bawah seperti jenis rumput-rumputan dan semak-semak. Hutan yang didominasi oleh tumbuhan jenis cemara ini bisa mencapai ketinggian sekitar 1800 meter dpl. Tipe vegetasi hutan yang kedua adalah Hutan Hujan Pegunungan. Lokasi tipe hutan ini ialah di kawasan hutan dengan ketinggian antara 2.000 hingga 2.700 meter dpl. Tipe hutan ini merupakan hutan campuran dari tiga jenis tingkatan vegetasi tumbuhan bawah dan tumbuhan semak. Dan tipe vegetasi hutan yang terakhir adalah Padang Rumput. Hutan ini seluas sekitar 261 ha dan dapat dijumpai di sekitar Pondok Welirang.

Kawasan hutan lindung ini merupakan habitat asli bagi sejumlah fauna seperti rusa, babi hutan, kijang, kera abu-abu, burung Tekukur, burung Kerenda, dan Budeng. Kawasan hutan lindung dan cagar alam yang terletak di Kabupaten Malang ini juga dibuka untuk publik sebagai kawasan wisata yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Ada dua kelompok kawasan wisata cagar alam ini, yaitu: objek wisata utama dan objek wisata penunjang.

Objek Wisata di Taman Hutan Rakyat R. Soerjo

Objek wisata alam utama yang disediakan oleh pengelola cagar alam dan hutan lindung ini meliputi: Sumber Air Panas Cangar, Gua Jepang Cangar, Arboretum Sumber Brantas, kawasan Pertapaan Indrakila dan Abiyasa, Air terjun Tretes, Air Terjun Watu Ondo, dan Puncak Welirang. Sedangkan objek wisata penunjang bisa Anda nikmati sepuasnya karena objek wisata penunjang ini berupa pemandangan alam yang sangat indah seperti pemandangan lembah, pemandangan bukit yang hijau, pemandangan sejumlah kota di area sekitar cagar alam dan hutan lindung seperti Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Batu, Gunung Kembar, Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Ringgit, dan Gunung Penanggungan.

This post has already been read 522 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *