Ribuan Penghuni Pulau Kembang Yang Akrab Dengan Manusia

Ribuan Penghuni Pulau Kembang Yang Akrab Dengan Manusia-3-hobi jalan jalan

Pulau Kembang berada di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Konon, pulau ini dapat membuat perempuan yang baru menikah agar cepat memiliki keturunan. Oleh sebab itu, kini terdapat ribuan penghuni yang menunggu para wisatawan.

Letak pasti Pulau Kembang itu sendiri terletak di tengah sungai Barito. Dengan luas 60 Ha, Pulau kembang ditetapkan sebagai salah satu hutan wisata di Indonesia.

Lantas, apa maksudnya dengan ribuan penghuni yang dibicarakan di awal paragraf? Tak lain yang dimaksud adalah binatang kera.

Pulau ini merupakan ‘rumah’ dari ribuan kera. Dan, kera-kera tersebut adalah satu-satunya spesies penghuni Pulau Kembang.

Lalu, mengapa bisa banyak kera? Begini ceritanya.

Ribuan Penghuni Pulau Kembang Yang Akrab Dengan Manusia-hobi jalan jalan
Awal Mula Pulau Kembang

Diceritakan bahwa dahulu kala, hidup seorang keturunan raja di daerah Kuin (nama sebuah kampung di Banjarmasin) tang tidak dikaruniai keturunan. Kemudian seorang ahli nujum memberi petuah bahwa, jika ingin memiliki keturunan maka datanglah ke Pulau Kembang dan adakan upacara badudus (mandi) di sana.

Mendengar petuah ahli nujum tersebut, para kerabat kerajaan segera mengikuti nasihat tersebut. Selang beberapa lama, akhirnya keluarga kerajaan mendapat kabar gembira tentang kehamilan.

Ribuan Penghuni Pulau Kembang Yang Akrab Dengan Manusia-2-hobi jalan jalan
Atas kebenaran dan keajaiban tersebut, akhirnya Raja memerintahkan petugas kerajaan untuk menjaga Pulau Kembang agar tidak rusak dan punah. Kemudian sang petugas kerajaan membawa dua ekor kera besar, jantan dan betina yang diberi nama Si Anggur.

Seiring waktu, petugas kerajaan tersebut menghilang entah kemana. Sedangkan dua ekor kera tadi beranak pinak sampai sekarang.

Kini, kera-kera yang ada di Pulau Kembang dianggap sebagai binatang ‘mistis’ yang dapat membuat siapa saja yang datang ke Pulau Kembang menjadi bahagia. Lagipula, kera-kera tersebut sangat akrab dengan para wisatawan.

Ribuan Penghuni Pulau Kembang Yang Akrab Dengan Manusia-1-hobi jalan jalan
Nah, jangan lupa bahwa Pulau Kembang merupakan hutan wisata. Jadi, jika kamu ingin jalan-jalan kesana, jangan bertindak sembarangan seperti membuang sampah sembarangan, merusak pepohonan dan sebagainya.

sumber

This post has already been read 85 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>