Tempat Wisata Paling Edukatif Di Jakarta

Masih memperingati hari ulangtahun DKI Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni 2013, Hobi Jalan-Jalan akan mengajak kamu semua untuk berwisata pintar di Jakarta. Belajar tidak harus selalu di sekolah. Di manakah itu? Simak di bawah ini.

1. Taman Mini Indonesia Indah

Ibu Tien Soeharto adalah penggagas berdirinya TMII. Beliau menginginkan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya.

TMII memiliki banyak anjungan yang dapat dikunjungi. Selain itu, di sini juga terdapat Teater IMAX Keong Mas, Istana Anak-Anak Indonesia, Kereta Gantung, Taman Burung, dan salah satu wahana yang menegangkan, Balon Raksasa.

wisata edukatif-hobi jalan jalan
Namun, untuk bisa menikmati semua wahana di atas, kamu harus mengeluarkan uang lebih. Apalagi naik Balon Udara harus membayar sebesar Rp 60.000 – Rp 120.000.

Tak perlu risau, sebab kamu masih dapat mengunjungi berbagai anjungan yang ada di sana.

2. Kebun Binatang Ragunan

Terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan kebun binatang ini sudah berdiri sejak tahun 1864.

Berbeda dengan Taman Safari Indonesia, Kebun Binatang Ragunan tidak memiliki lahan yang dapat dilalui oleh mobil. Namun, keadaan inilah yang menjadi kelebihan.

wisata-edukatif-1-hobi-jalan-jalan
Contohnya, di sini kamu bisa menggelar tikar sambil mendengarkan suara hewan-hewan yang ada disini, atau melihat bagaimana ular menangkap mangsanya hanya dengan jarak 1 meter saja, bahkan kamu bisa bersepeda, naik delman, naik unta mengelilingi Kebun Binatang Ragunan.

Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

3. Monumen Nasional

Di sini terdapat beberapa ruang yang bisa menumbuhkan rasa nasionalisme yang ada di hatimu. Sebut saja Museum Sejarah Nasional, yang ada di bagian dasar Monas, terdapat 52 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Lalu Ruang Kemerdekaan, kamu bisa melihat naskah asli proklamasi kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca di dalam gerbang berlapis emas.

wisata edukatif-2-hobi jalan jalan
Harga tiket masuknya sebesar Rp 5.000 untuk umum, Rp 3.000 untuk pelajar/mahasiswa, dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Kalau kamu ingin melihat suasana metropolitan dari ketinggian 115 meter, maka datanglah ke Monumen Nasional.

4. Museum Bank Mandiri

Apa serunya datang ke museum? Jangan salah, di Museum Bank Mandiri kamu akan mempelajari betapa pentingnya uang sejak dulu.

Segala kelengkapan bank ala “tempo doeloe” ada disini, seperti peti uang, kalkulatur jadoel, mesin cetak uang, serta tata cara menabung di bank di masa lalu. Arsitektur bangunan ini pun masih terasa ‘londo’, sebab dulunya gedung ini ditempati oleh Nederlandsche Handel-Maatschappij, yaitu perusahaan dagang milik Belanda.

wisata edukatif-3-hobi jalan jalan
Siapkan uang Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak. Namun, museum ini tutup pada hari senin dan hari libur. Lokasinya di Jl. Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat.

5. Museum Layang-Layang

Sama seperti Museum Bank Mandiri, disini juga tak kalah serunya. Bertempat di Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Barat, disini kamu dapat melihat berbagai jenis layang-layang yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Juga ada layang-layang ciri khas berbagai negara, maupun layang-layang nusantara yang tak kalah uniknya.

wisata edukatif-4-hobi jalan jalan
Selain itu, kamu juga bisa membuat layang-layang versimu sendiri, atau membuat keramik, melukis wayang dan payung, bahkan membatik. Jadi, kamu bisa membawa anak atau adikmu dan belajar lah bersama mereka.

Harga tiket masuknya Rp 10.000  per orang, dan jika ingin membatik, kamu harus menambahkan Rp 50.000.

Bagaimana, ingin pintar tanpa merasa digurui? Datanglah ke tempat-tempat di atas. Silakan berkomentar.

Sumber: Wikipedia

This post has already been read 519 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *