Tentang Karimunjawa Dan Keindahannya

Karimunjawa

Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Karimunjawa letaknya ada di pesisir pantai utara Pulau Jawa dan masuk ke kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kepulauan ini pun termasuk ke dalam salah satu daftar kepulauan yang memiliki pesona indah di Indonesia. Kalau kamu kesana, kamu akan bertemu dengan suasana yang asri, tenang, alami dan dijamin bakalan betah deh disitu. Pasirputih dan air lautnya yang jernih jadi suguhan mata yang menyejukkan, selain itu Kepulauan Karimunjawa ini juga sudah ditetapkan sebagai Taman Nasional.

Karimunjawa

Nama Karimunjawa itu sendiri berasal dari bahasa Jawa, khusus pada kata Karimun, awalnya adalah disebut orang Jawa sebagai Kremun yang artinya samar atau tidak jelas. Kenapa diberi nama itu? Karena kepulauan ini terlihat samar dari Pulau Jawa yang penyebabnya adalah jaraknya yang cukup jauh.

Jelajah Budaya Jepang Klasik di Kyoto!

Untuk mencapai lokasi Kepulauan Karimunjawa ini cukup lama juga loh kalau ditempuh dengan Kapal motor cepat dari Jepara atau Semarang, bisa sampai sekitar 4 hingga 6 jam. Tapi jangan khawatir, lamanya perjalanan akan terbayar saat sampai di lokasi.

Karimunjawa

Di Karimunjawa kamu bisa melakukan berbagai petualangan seru dan juga olahraga air dengan menikmati keindahan alam bawah laut yang dimilikinya. Bagi para penyelam (diver), Karimunjawa ini adalah surga karena keindahan bahari yang dari permukaan laut saja sudah terlihat saking beningnya air laut disana.

Terumbu karang serta berbagai macam ikan hias jelas terlihat menghiasi didalamnya, keingin untuk bermain di dalam air tentunya akan bangkit karenanya. Bagi yang suka memancing, ada juga beberapa tempat yang menyediakan spot yang memang disediakan fasilitas pancing disana.

Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa dapat kamu kunjungi dengan menggunakan perahu-perahu nelayan dalam waktu singkat, karena letaknya memang berdekatan antara satu pulau dengan pulau yang lainnya. Untuk perahu ini, kamu juga bisa pilih loh, karena ada beberapa perahu nelayan yang menyediakan kaca pada bagian bawah perahunya (glass bottom boat) sehingga tentunya selama perjalanan kamu dapat menikmati keindahan bawah laut disana.

Kepulauan Karimunjawa

Sejak tahun 2001, Kepulauan Karimunjawa ini telah resmi bernama Taman Nasional Karimunjawa yang terdiri dari 27 gugusan pulau kecil dan 5 pulau yang sudah ada penduduk didalamnya. Pulau yang sudah ada penduduknya adalah Pulau Nyamuk, Pulau Parang, Pulau Kemujan, Pulau Karimunjawa, dan Pulau Genting.

Karimunjawa

Sebagian besar Pulau di Karimunjawa memiliki pantai dengan hamparan pasir putihnya yang indah. Nah kalau kamu ingin mengunjungi pulau-pulau favorit turis karena keindahan alamnya kamu bisa mengunjungi Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Kecil, dan Tanjung Gelam.

Akomodasi Dan Transportasi Ke Karimunjawa

Namanya juga di wilayah laut ya, tentunya kamu tidak akan sulit untuk menemukan berbagai macam ikan segar yang baru saja ditangkap oleh para nelayan setempat. Setelah berbelanja ikan dan puas jalan-jalan menikmati keindahan Karimunjawa, kamu bisa beristirrahat di berbagai macam pula tempat sewa untuk beristirahat.

Siapa Bilang Sumedang Cuma Tahunya Yang Oke? Wisata Lainnya Juga Mantap Loh!

Disana ada macam-macam jenis penginapan, mulai dari resort mewah, hotel-hotel biasa, bahkan banyak juga penduduk yang menyewakan rumahnya untuk bermalam yang tentu harganya jauh lebih murah. Kalau kamu ingin sensasi yang berbeda, kamu juga bisa pilih tempat penginapan yang bernama wisma apung, letaknya ada di atas perairan pantai dan tidak jauh dari bibir pantai.

Nah, sekarang bagaimana dan apa saja pilihan transportasi untuk sampai di Karimunjawa ini? Ada beberapa pilihannya nih :

Pesawat Ke Karimunjawa

Karimunjawa

Namanya juga pesawat ya, tentu waktu tempuh yang ditawarkan berbeda jauh dengan sara transportasi lainnya. Dengan menggunakan pesawat ini, kamu Cuma butuh waktu kurang lebih 30 menit saja untuk sampai di Karimunjawa, selain itu juga kamu bisa melihat keindahan Karimunjawa dari atas sebelum kamu mendarat. Rutenya di mulai dari Bandara Ahmad Yani di Semarang, kemudian kamu naik pesawat kecil dengan tujuan Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan, Kepulauan Karimunjawa.

Kapal Cepat Dari Semarang Ke Karimunjawa

Karimunjawa

Jika kamu ingin menggunakan kapal cepat dari Semarang, kamu bisa ke Pelabuhan Tanjung Emas dan dari sana kamu akan langsung dibawa menyebrangi lautan untuk sampai di Kepulauan Karimunjawa. Untuk waktunya tentu lebih lama ya, sekitar 4 sampai 6 jam kalau cuaca sedang buruk.

Kapal Dari Jepara Ke Karimunjawa

Karimunjawa

Kalau mau berangkata dari Jepara, kamu bisa datang ke Pelabuhan Kartini lalu naik kapal cepat atau kapal lambat tapi murah harganya. Waktu tempuh dari sini sekitar 2,5 jam sampai 3 jam kurang lebih.

Setelah membaca ini, apakah semakin ingin ke Kepulauan Karimunjawa? Kalau iya, sebaiknya kamu kunjungi Kepulauan tersebut di bulan Maret hingga bulan Oktober, karena pada waktu biasanya cuaca lagi baik dan bersahabat, sehingga kamu bisa dengan puas disana menjelajahi keindahan Kepulauan Karimunjawa yang disuguhkan oleh alam ini.

Sumber Gambar : www.1001malam.com, www.anekatempatwisata.com, www.indonesia-tourism.com, www.ganlob.com, www.indo-aviation.com, www.putrikarimunjawa.wordpress.com, www.whydontweliveinblackandwhite.blogspot.com,

This post has already been read 470 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *