Waspada! 5 Fakta Virus MERS Yang Menyerang Wisatawan

Bagi Anda yang gemar travelling diharapkan agar waspada terhadap virus MERS yang kini tengah mengincar para wisatawan. Middle East Respiratory Syndrome coronavirus atau MERS-CoV diduga berasal dari Timur Tengah, dan menjalar ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, bahkan Indonesia.

Ya, warga Indonesia dengan inisial KS berumur 54 tahun asal Medan, Sumatera Utara, juga dikabarkan telah meninggal karena terjangkit virus MERS setelah ia pulang dari umrah. Maka dari itu, para jemaah haji yang hendak umrah pun harus ikut waspada terkait penyebaran virus MERS.

Nah, mengingat salah seorang warga Indonesia sudah terjangkit virus MERS, maka Anda harus berhati-hati saat travelling. Simak 5 fakta tentang virus MERS berikut ini:

1. Virus MERS Menular Dari Udara

fakta virus mers
Jauhi orang-orang yang mengalami gangguan pernafasan, batuk, atau sesak saat bernafas. Gejalanya sangat mirip dengan penyakit batuk dan flu. Ingatlah bahwa virus MERS dapat menular melalui udara. Disarakan agar Anda mengenakan masker.

2. Virus MERS Membunuh 93 Orang Pada Tahun 2012

fakta virus mers
World Health Organization mengonfirmasi bahwa pada tahun 2012 sebanyak 250 orang telah terjangkit virus MERS, dan 93 orang meninggal karena virus tersebut.

3. Penyebaran Melalui Unta

fakta virus mers
Awal penyebaran virus MERS diduga berasal dari hewan unta. Dan, negara Arab Saudi menjadi negara yang berbahaya untuk dikunjungi.

4. Virus Musim Semi

fakta virus mers
Beberapa ilmuwan menungkapkan bahwa virus MERS muncul pada musim semi. Namun, pernyataan tersebut masih diteliti ketepatannya. Karena virus MERS baru muncul 2 tahun yang lalu, dan masih terlalu dini untuk menyimpulkan hal tersebut.

5. Virus MERS Belum Ada Obatnya

fakta virus mers
Karena virus MERS belum memiliki vaksinasi atau obat khusus untuk antivirus, maka Anda diharapkan selalu waspada ketika travelling ke luar negeri maupun ke luar kota. Ingatlah poin-poin diatas.

Semoga dengan 5 fakta virus MERS tadi dapat membuat Anda semakin menjaga diri, dan menjaga kesehatan. Silakan komentar.

Baca juga:

Tips Travelling Khusus Wanita

Alasan Tepat Mengapa Anda Memilih Penerbangan Ekonomi

10 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Sebelum Kiamat

This post has already been read 502 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *