Wisata Budaya di Pulau Mandangin, Sampang, Madura

hobijalanjalan-Wisata Budaya di Pulau Mandangin-2

Jika Kamu bukan warga Jawa Timur pasti kurang familiar dengan Pulau Mandangin, Sampang, Madura. Pulau Mandangin merupakan sebuah pulau kecil di Jawa Timur yang mempunyai banyak sekali pesona, baik pesona budaya maupun pesona alam yang sangat indah. Hal unik yang bisa Anda temukan di Pulau Mandingin ini adalah komunitas/ warga Pulau Mandangin yang sering disebut sebagai Orang Poloh yang memiliki arti ‘orang pulau’. Orang Poloh atau orang pulau ini memiliki beberapa image positif yang cukup terkenal, yaitu sebagai pelaut yang handal, kultur keagamaan yang sangat kuat, dan sistem kekerabatan yang sangat kuat.

hobijalanjalan-Wisata Budaya di Pulau Mandangin-1

Daya Tarik Lokasi Wisata Pulau Mandingin

Kawasan wisata ini dapat dijangkau dengan perahu motor dari Pelabuhan Tanglok melalui jalur laut. Kamu akan menjumpai keindahan alam laut berupa pasir putih, gugusan terumbu karang yang masih asli, dan pemandangan lautnya yang tak kalah indah dengan objek wisata laut lainnya yang terkenal di Indonesia. Menikmati kesejukan udara pantai di pagi hari atau dengan berolahraga ekstrem di laut seperti berenang atau snorkeling di bawah alam laut sembari menikmati gugusan terumbu karang.

Yoryor: Olahraga Asli Masyarakat Pulau Mandangin

Jangan lupa untuk mencoba atau hanya sekedar melihat pertunjukan olahraga asli Pulau Mandangin yang disebut Yoryor. Memang terdengar unik ketika Kamu mendengar nama olahraga asli warga Pulau Mandangin ini namun olahraga asli para warga Pulau Mandangin ini sudah melekat di jiwa tiap warga dan secara rutin dipraktekan oleh para warga asli Pulau Mandangin. Pihak pengelola objek wisata dan pemerintah daerah setempat juga menjadikan olahraga asli dan khas Pulau Mandangin ini sebagai identitas utama Pulau Mandangin. Tujuan utamanya yaitu sebagai daya tarik utama agar banyak wisatawan yang berkunjung di pulau kecil yang cantik ini.

Dari Kota Sampang, Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Pulau Mandangin, Sampang, Madura. Soal akomodasi tidak perlu khawatir karena  ada beberapa hotel yang bisa Kamu gunakan sebagai tempat untuk singgah dan beristirahat. Hotel-hotel yang ada di kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis fasilitas seperti restoran mewah, kolam renang, lapangan tennis, dan masih banyak fasilitas lainnya.

Jika ke Pulau Madura melalui jalur darat maka Kamu bisa melewati Jembatan Suramadu, jembatan terpanjang di Indonesia.

Semoga bermanfaat

This post has already been read 1689 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *