Wisata Sejarah ke Barat Indonesia – Aceh

Berkunjung ke daerah wisata yang banyak tersebar di seluruh nusantara tentu pengalaman yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan. Apalagi bila kita bisa berkesempatan berkunjung ke daerah wisata sejarah yang bisa memperkaya pengetahuan dan kecintaan terhadap Indonesia, banyak daerah di Indonesia yang memiliki wisata sejarah yang memiliki peranan penting dalam kemajuan bangsa.

Wisata Sejarah Di Aceh

Salah satu tempat wisata sejarah bisa kita temui di Aceh, sebagai salah satu daerah yang terletak di ujung pulau Sumatra menjadikan Aceh memiliki banyak catatan sejarah baik saat masuknya islam pertama kali ke Indonesia hingga penaklukan dan peperangan. Provinsi yang beribukotakan Banda Aceh ini memiliki banyak daerah wisata sejarah seperti beberapa tempat dibawah ini :

  • Kerkoff Peucut

Komplek pemakaman serdadu Belanda pada masa penjajahan yang dibangun pada saat masa pendudukan Belanda di Aceh ini mengubur ± 2.200 jasad serdadu. Salah satu yang dimakamkan di tempat ini adalah Jenderal Kohler, nama-nama jasad dan tahun mereka meninggal tertera di pintu gerbang Kerkoff. Banyak wisatawan asing yang mendatangi tempat ini untuk sekedar mengetahui makam dan nama-nama korban yang ada dimakamkan yang mungkin merupakan salah satu kakek moyang mereka.

  • Lonceng Cakra Donya

Sebuah lonceng yang dihadiahkan oleh kaisar Cina kepada Sultan Aceh dalam rangka menjaga tali persahabatan kedua negara. Lonceng yang dibuat pada tahun 1409  ini memiliki tinggi ± 1, 25 meter dan lebar 0, 75 meter.

  • Masjid Kuno Indrapuri

Merupakan masjid tertua di Aceh, masjid yang dulunya merupakan pura tempat beribadah umat Hindu ini berubah fungsi setelah Islam pertama kali diperkenalkan pada masa kesultanan Sultan Iskandar Muda.

  • Benteng Indra Patra

Daerah Aceh yang sebagian besar merupakan pantai menyebabkan pihak kerajaan Aceh bersiaga dengan membangun salah satu benteng ini untuk perlindungan dan pertahanan pada saat melawan penjajah dari Portugis di masa itu.

Wisata Sejarah ke Barat Indonesia – Aceh

            Itulah beberapa tempat bersejarah yang terdapat di Aceh.

This post has already been read 377 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *